Tuesday, August 10, 2010

Ke-Islaman sebagai Tonggak Peroebahan

Book Review

Judul Buku : Tonggak Sang Pencerah, Sebuah Novel Tentang KHA Dahlan
Penerbit : Suara Muhammadiyah,Yogyakarta
Penulis : Yazid R.Passandre
Tebal : 279+

Refleksi dan Aksi Sosial Seorang Dahlan:
Keislaman sebagai Tonggak Peroebahan

Berulang kali dikatakan Darwisy atau Dahlan dalam seluruh bagian novel ini bahwa Dahlan menolak dengan keras dna tegas bahwa Islam Bukanlah agama ritual belaka, terbelakang, dan menghalangi bangsa Indonesia menjadi bangsa yang maju dan terbebas dari panindasan, ketidakberdayaan, kebodohan dan kesehatan yang terpuruk (hlm 48,246,250,). Ini merupakan novel yang membangkitkan semangat berorganisasi di kalangan aktifis Muhammadiyah. Karena ada kekuatan yang mengancam meminjam kata-kata Dahlan yang sedikit penulis ubah,”bahwa bis jadi Muhammadiyah lenyap dari Indonesia, tapi Islam tidak akin lenyap dari muka bumi.” Atau meminjam istilah Buya Syafii Ma’arif, “Sebuah Muhammadiyah yang tidak mampu memberi solusi terhadap masalah-masalah Indonesia, Bukanlah Muhammadiyah yang sebenar-benarnya.” yang adopsi buya dari pendapat, ”Sebuah Islam yang tidak mampu memberikan solusi terhadap masalah-masalah manusia, bukanlah Islam yang sebenarnya.”

Lega dan bahagia rasanya, satu kekayaan dan hasanah baru mengenai KHA Dahlan yang telah merintis dan mendirikan Muhammadiyah yang sampai kini sudah berusia satu abad atau seratus tahun. Selain puluhan atau ratusan buku yang tertulis mengenai sosok manusia santun dan bijak dari Kauman ini, genre baru dalam bentuk novel pun hadir mengapresisasi betapa sosok Darwisy itu mampu menginspirasi anak bangsa untuk berbuat lebih banyak untuk bangsanya, untuk kemanusiaan sebagaimana yang diperankan oleh Dahlan dan pengikutnya pada zaman itu. Zaman yang terus bergerak pincang, meminjam istilah Passandre dalam novel ini, Dahlan bias bergerak dan terus bergerak untuk menunjukkan pada dunia bahwa Islam adalah semangat kemanusiaan dan bukan aliran tradisi yang diesinker terbelakang dan tidak modern. Bayangkan? Dalam keadaan yang serba terbatas, berhadapan dengan tradisi, kolinialisme, kraton yang kokoh seperti pohon beringin itu, dahlan tidak gentar terus melakukan istima’, ijtihad bahwa harus ada jalan keluar untuk membawa bangsanya keluar dari keterpurukan dalam beraqidah, sosial, ekonomi, politik.

Novel ini diilhami oleh film “Sang Pencerah” yang dikeluarkan oleh Jurusan Ilmu Komunikasi UMY 2006 dan dipersembahkan untuk Sang Pencerah, Pahlawan Kusuma Bangsa, Kiai Haji Ahmad Dahlan, dan Muktamar seabad Muhamamdiyah 2010. Sebuah kalimat yang sangat tulus bagaimana Penulis yang merupakan alumni Ikatan Pelajar Muhammadiyah ini mempunyai kepekaan hati untuk memberikan sesuatu yang berharga bagi dahlan, bagi Muhammadiyah, dan bagi anak bangsa yang seiring dan sejalan dengan pemikiran dan aksi sosial Dahlan. Kita mesti berterima kasih pada penulis yang memberikan bacaan yang menyentuh, penuh referensi, fakta, nuansa revolusi, menggebu-gebu, mendobrak, dan kadang-kadang hanyut dalam romatisme keluarga sakinah yang damai tentram yang pernah dilakoni KHA dahlan. Panduan hidup Islami Muhamamdiyah mungkin perlu disempurnakan dengan membaca novel ini terutama penggalan 6,7,8,9,10, yang berisi dialog-doalog singkat dan kaya makna antara Dahlan dengan Walidah yang cukup menyentuh dan membuat kita meneteskan air mata.(baca juga hlm.247-249).

Passandre menarisakan kisah yang mengandung nilai keutuhan dengan sangat apik. Sosok Dahlan atau Darwisy sebagai sosok yang selalu risau terhadap tradisi yang lebih dimulikan dari pada ajar an agama Islam, sosok yang mendobrak dan anti penjajahan, dalam suasana kehidupan keluarga yang harmonis, yang saling menguatkan dengan landasan katakan Islam yang akin membawa kebahagiaan. Dahlan sama sekali bukan digambarkan dan memang bukan sebagai tokoh yang egois, hanya mementingkan orang lain atau perjuangannya, tidak mau tahu dengan urusan keluarga. Pendek kata, Dahlan ingin mengatakan bahwa kehidpan berkeluarga tidak akin pernah menghalangi dakwah, menghalangi peroebahan yang dicita-citakannya bahkan menawarkan ragam second opinion atau alternatif manakalah kebutuhan dalam perjuangan itu menghentikan langkah kakinya (hlm 249). Sekali lagi, ayat-ayat cinta dan semesta itu hadir menyelimuti kehidupan rumah tangga Dahlan-Walidah.

“Dari penampilannya saja, sekolah itu memang tampak mengingkari zamannya, dan seolah hendak membranous zaman baru: zamannya sendiri. Zaman dimana manusia terbebaskan dari belenggu tradisi yang membodohkan.” (hlm.258). Ya, Dahlan memang memberontak tradisi, memimpikan perubahan. Dan untuk membengan zamannya, dan zaman yang akin dating dahlan mengorbankan banyak hal terutama waktu bercengkerama dengan keluarga lalu ditinggal ke Makkah untuk hajI dan belajar agama. Dahlan ingin islam modern sehingga Kiblat pun perlu direvisi sebagai consequence dari berkembangnya ilmu pengetahuan karena Dahlan mengenal dunia, mengenal ilmu geografi. Disamping itu, beliau memahami dan menyaksikan bahwa Islam yang revolutioner sedang bergeliat di tanah Arab, Mesir yang dipromotori oleh Jamalludin al Afgani, Rosyid Ridho, dan sebagainya. Dahlan memanfaatkannya sebagai pendorong semangat dalam jiwanya untuk aksi nyata: Peroebahan!. Tidak hanya itu, Dahlan juga belajar membangun sekolah yang meski dianggap kafir lantaran meja kelas dan pelajaran musik dan biola.(hlm.262). Beliau juga memikiran perlunya organisasi setelah berinterkasi dengan Budi Oetomo, Taman Siswa, dan hasil dialog dengan seorang anak yang tidak rela sekolah Dahlan ambruk dan roboh setelah dahlan meninggal dunia, maka ikhtiar itu termanifestasikan dalam langkah nyata mendirikan organisasi modernis yang diberikan nama: Muhammadiyah pada 18 November 1912 M.

Salah satu keunggulan novel ini adalah sosok penulisnya yang memang aktivis Muhammadiyah, semenjak SMA menghabiskan waktunya di Sekolah Muhammadiyah di Yogyakarta dan aktif di Ikatan Pelajar Muhammadiyah sampai di tingkat Pimpinan Pusat. Aroma kepekaan sebagai orang dalam sangat kental dan sering melihat dinamika dahlan sebagai sesuatu yang harus kembali ditumbuhkan pada generasi kekinian anak muda Muhammadiyah yang bisa jadi terlalu dimanjakan dengan fasilitas, tidak peka, dan tidak berani megabit posisi yang beresiko. Inilah yang hendak penulis novel ini bangun bahwa katakana kebenaran walau rasanya pahit sebagaimana kisah Dahlan dalam khutbahnya di Semarang saat perjalanan haji menuju Tanah suci, Makkah (hlm.117). Bangsa ini akin beranjak menjadi baik jika kata-kata Dahlan itu terus dipraktikkan dalam segala situasi. Bangsa ini tentu tidak akin mendapat predikat bangsa dengan indeks korupsi tertinggi di jagat raya.

Novel ini layak dijadikan bacaan wajib dalam sekolah-sekolah Muhammadiyah baik di tingkat sekolah dasar atau sekolah tinggi dan universities. Buku yang kaya akin literasi dan referensi ini diharapkan akin menggugah semangat untuk ber-uswatun hasanah pada Peiping terdahulu untuk kembali melejitkan ghirah bermuhamamdiyah, berislam, dan berbuat untuk kemanusiaan. Maka, “saya berharap Muhammadiyah benar-benar bertujuan untuk pencerahan kehidupan umat. Bukan untuk repenting pribadi. Maka itu, hidup-hidupilah Muhammadiyah, jangan mencari kehidupan di Muhammadiyah.” (hlm.279). Bebeb hal menarik lainnya adalah pesan-pesan yang penuh inspirasi dan makna dari Dahlan kepada muridnya atau santrinya selama berinteraksi pada saaat-saat penuh tantanggan. Kata-kata berbobot itu layajk dijadikan pelajaran untuk anak didik Muhammadiyah. (hlm.220,221,231,260, 264). Dan salah satu usulan yang sederhana mungkin diantara bab atau penggalan itu dilengkapi foto dokumentasi, atau karikatur yang bisa mengundang perhatian pembaca terutama, pembaca muda yang masih ogah-ogahan dijejali novel apalagi yang namanya teksbook.

Terakhir, Sebagaimana Nabi Muhammad, dalam dakwahnya Dahlan juga mengalami masa-masa sulit seperti perlawanan dari kelompok Islam-tradisi, Langgar yang dirobohkan, dituduh kyai kafir, juga peristiwa mamilukan saat meninggalnya Ibunda tercinta dan Ayahnya. Tapi hasrat perubahan terus dipelihara dalam pikiran dan tindakannya. Lalu, perubahan itu terus bergerak kencang dan bertenaga maniac zaman, sejarahnya yang terus tumbuh dewasa dan terkadang macet ditengah jalan. Tapi karya Dahlan terus dipercayai sebagai kabaikan, kesalahean sosial yang dilandasi keislaman yang membebaskan yang dilandasi akal sucinya untuk menebar rahmat bagi semestaraya. Prestasi baik Darwisy dan Dahlan keduanya itu tak akan musnah dimakan bubuk zaman, taklekang oleh panas dan hujan. Mewakili Penulis novel itu yang ingin mengatakan: Selamat Milad Muhammadiyah ke-100 tahun, semoga tetap energik, bertenaga dalam bergerak memasuki pusaran gelombang kedua di abad kedua ini. Selamat membaca dan salam dari Pengikut Tonggak Sang Pencerah.

Peresensi
David Effendi, Pengikut Tonggak Sang Pencerah
Honolulu, University of Hawaii at Manoa

Retrieved from: http://hiburan.kompasiana.com/group/buku/2010/08/10/ke-islaman-sebagai-tonggak-peroebahan/ (August 10, 2010)

No comments:

Post a Comment